Senin, 13 Mei 2013

SEJARAH MUSIK BLUES I



SEJARAH MUSIK BLUES I ( Sejarah Musik Blues )
 Seperti yang telah saya janjikan beberapa tahun yang lalu (2009 tahun pembuatan blog, dan blog bisa dibuka kembali bulan mei 2013), saya akan bercerita mengenai sejarah musik blues, saya harus katakan seperti ini sebab banyak teman2 yang inbox atau email yang masuk, mereka sebagian besar saudara kita dari indonesia yang bermukim di amerika sebanyak 20 orang, australia 6 orang, argentina 4 kazaktan 2 orang firlandia 2 orang sementara indonesia 89 orang , kenapa blog ini kok tidak ada suatu catatan tentang musik blues atau kapan menulis sejarah musik blues???  Sebetulnya saya telah menulis sebuah buku tentang musik blues dan sejarah serta tokoh2 penting musik blues, dan juga bagi pendengar dan penikmat musik blues di Radio Republik Indonesia Jember (RRI) tentunya masih ingat dengan suara saya serta lagu2 yang saya putar di sana, sekitar 14 tahun yang lalu, saya mengasuh acara “BLUES POWER” di RRI selama 7 tahun, saya menyadari bahwa musik blues masih minim penggemarnya, padahal sering kita lihat kawula muda mendengarkan musik blues tidak mengerti bahwa yang ia dengar adalah jenis musik blues, terkadang mereka khususnya yang tidak mengerti musik blues mengatakan bahwa musik yang dia dengar adalah slow rock, bagi saya semua itu bukan masalah karena saya tahu bahwa mereka bener2 kurang mengerti apa musik blues itu. (alex Pradapa)

Jujur saja apa yang nanti saya tulis sebagian dari isi buku yang saya tulis, dan tidak bermaksud menjual buku itu, hanya satu harapan saya agar mereka yang tidak mengerti musik blues sudah mulai mengerti tentang sebuah aliran musik yaitu blues, sementara sumber data yang saya ambil sebagian besar dari majalah luar negri dan koran serta pengetahuan saya, dan pada saat saya menulis buku saya tidak mengenal apa itu google.  (alex pradapa)

Para pengunjung blog “THE BLUES” itulah sekedar prolog dari saya, sekali lagi saya memohon maaf atas keterlambatan cerita di blog ini, semoga nantinya apa yang saya tulis di blog ini tidak menjadi kan cepat bosan dalam membaca tulisan2 saya, dan satu pertanyaan buat para pembaca, apakah anda cepat lelah dan bosan bila membaca sesuatu tulisan atau cerita? Bila jawaban anda ternyata “tidak” maka bersukurlah bahwa anda salah satu orang pinter dan cerdas yang pernah saya temui, titik. (alex pradapa)

 Memang awalnya agak begitu sulit memulai bercerita tentang sejarah musik blues, tetapi saya menemukan 3 versi cerita sejarah musik blues.
Seperti yang kita ketahui (Joseph Machlis), musik blues adalah sebuah musik yang mempunyai bentuk syair asli dari amerika tanpa pengaruh awalan langsung (asli) dan Eropa serta Afrika, dengan kata lain musik blues merupakan golongan atau gabungan dari 2 tradisi tersebut, atau suatu musik yang special dan benar-benar berbeda dari tradisi asal musik blues, Sementara kata “Blue” diasosiasikan dengan kesedihan atau rasa tertekan.

 Pada tahun 1807 (Wasshington Irvin) seorang penulis Amerika mendapat penghargaan karena menciptakan istilah “The Blues” seperti yang didevinisikan sampai saat ini, sedangkan awal sejarah dari tradisi musik blues ditemukan dari tradisi cerita dari mulut kemulut sebelum tahun 1860.
Ketika musik Afrika dan Eropa mulai bergabung untuk menciptakan sesuatu yang pada akhirnya menjadi musik “blues”

Musik blues berawal beberapa orang /para budak yang menyanyikan lagu lagu penuh dengan kata atau kalimat yang menceritakan penderitaan hidup mereka , kekurangan kekurangan yang terjadi atau ketimpangan yang mereka alami, kemudian salah satu dari mereka keluar dari nyanyian mereka dan berteriak seakan bertanya ataupun menjawab seolah-olah mereka mewakili untuk lingkungan mereka, ataupun seolah-olah mereka berkata-kata mewakili sang penindas, sekelompok orang yang bernyanyi sambil bekerja ini seperti menggambarkan dua kelompok yang saling berseberangan antara majikan dan para budak, mereka saling bergantian melontarkan jawaban ataupun teriakan teriakan. Jawaban atau teriakan teriakan ini disebut “HOLLER”, dari holler ini meningkat menjadi nyanyian spiritual dan pada akhirnya menjadi ciri khas suatu musik yaitu musik blues.

 Musik blues terkenal diantara semua karya seni musik manusia yang diangkat dari unsur penderitaan, suatu keputusasaan yang sangat dalam dari para mereka (budak). Mereka meyumbangkan suara (nyanyia) untuk menggambarkan suasana pengasingan, keanehan/kelainan yang ada di kamp-kamp buruh bangunan dan budak belia di daerah selatan (Delta Mississipi). Orang kulit hitan sering kali dipaksa ikut wamil untuk bekerja di dermaga dan pembukaan ladang-ladang pertanian, dimana mereka sering kali disiksa, dilempar kesana kemari bahkan mereka bekerja sampai mati. Tradisi musik blues identik dengan bagian kemacoan atau kemaskulinan, meskipun beberapa lagu-lagu blues dinyanyikan kaum hawa seperti Mamie Smith atau Bashie Smith, dan banyak juga wanita kulit hitam ditemukan menyanyi musik blues di “juke-Joint”.

Kemudian, didaerah selatan orang-orang tahanan juga sangat berperan dalam menyumbang pada tradisi musik blues melalui tema “kerja dan lagu”, barisan kematian/pembunuhan. Prostitusi, para sipir, matahari yang menyengat, dan ratusan masalah pribadi lainnya. Sementara dijaman perbudakan dikatakan bahwa gitar pada saat itu tidak mendapatkan tempat yang populer atau dengan kata lain alat musik gitar dan suara gitar tidak banyak diminati oleh musisi musik blues, hal ini terjadi sampai sekitar pertengahan abad, mereka lebih menyukai alat banjo dari pada gitar, sehingga alat ini merupakan alat instrumen utama musik blues saat itu.

Kata “BLUES” digunakan secara umum dalam tradisi musik pada tahun 1910, beberapa bluesologis mengklaim bahwa lagu pertama yang pernah ditulis adalah “dallas Blues”, kemudian di publikasikan pada tahun 1912 oleh Hart Ward yaitu seorang violinist kulit putih dari Oklohoma City. Bentuk blues pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1922-1914 oleh composer kulit hitam yaitu : W. C. Handy (1873-1958). Yang jelas bentuk karya syair yang puitis dan bentuk karya musikal blues pertama kali direalisasikan sekitar tahun 1910 dan memperoleh ketenaran lewat publikasi dari grup band “memphis blues”.
theblueses.blogspot.com

Sejarah dan tokoh blues
 Jember, 5 november 2003
 http://theblueses.blogspot.com/

2 komentar:

  1. Mas bisa minta kontaknya, untuk penambahan data-data terkait objek musik blues. data tersebut untuk keperluan skripsi dan pribadi. mohon bantuannya . fadlirakshadewa@gmail.com

    BalasHapus
  2. Mas tolong share referensi bacaan dong utk sejarah musik blues, judul buku apa aja yg bagus utk dibaca sama buku yg mas bikin judulnya apa? Mau saya cari di toko buku, terimakasih

    BalasHapus