Jumat, 17 Mei 2013

SEJARAH MUSIK BLUES III

 



SEJARAH MUSIK BLUES III ( Sejarah Musik Blues  )

Para pembaca blog saya yang terhormat, begitu anda membaca tulisan blues.. blues… blues  tiga kali, saya sangat bahagia sekali, kenapa tidak?? Karena saya yakin anda begitu tenangnya duduk didepan komputer atau hp dengan perasaan wajah yang berseri dan ingin mengetahui apa yang akan saya tulis, artinya apa? Begitu anda membaca saat ini keadaan anda pada posisi yang sehat wal afiat, dan saya harus mengatakan pada para pembaca suatu kata dan mungkin ini adalah do’a untuk pembaca blog ini yaitu salam sejahtera bersama keluarga anda yang berbahagia, aamiin…. (alex pradapa)

Sebelum saya melanjutkan menulis tentang sejarah musik blues yang berkepanjangan, ijinkanlah saya mengatakan sesuatu tentang diri saya, bahwasannya saya tidak merasa hebat karena mampu dan bisa menuliskan sejarah musik blues, tidak melirik atau membaca blog ini pun saya terlalu yakin bahwa pembaca bisa juga mencari tentang sejarah musik blues pada informasi lain terutama di google, disana bahkan lebih ‘sempurna’ dan komplit dari tulisan saya menurut ukuran manusia, tetapi ada satu yang tertinggal bila pembaca berpikira seperti itu, kenapa? Setidaknya pembaca tidak memberikan kesempatan saya untuk mendapatkan pahala, pembaca memberikan pahala pada saya hukum kausal berlaku andapun akan mendapat pahala melebihi apa yang saya dapat dari pembaca. Titik (alex pradapa).
     
Bau harum sejarah Musik Blues mulai menggelegar bak ombak dilautan lepas diawali sejak dekade tahun 1930-an dan tahun 1940-an. Musik Blues tersebar di utara dengan berimigrasinya orang-orang kulit hitam dari selatan dan masuk pada lingkungan band Jazz, disini musik blues juga mulai menjadikan dirinya suatu musik elektrik (peralatan musik blues saat sebelum dekade ini biasanya tanpa menggunakan alat-alat listrik). Sejak akhir tahun 1940 dan awal tahun 1950-an dalam beberapa kota diutara seperti ; Chicago dan Detroit musikus blues seperti Willie Dixon, john Lee Hooker, Howlin’ Wolf serta Elmore James memainkan apa yang menjadi basic musik blues yaitu dasar musik blues dari Delta Mississipi yang dimainkan dengan diiringi oleh bas, drum, piano, harmonika dan pada saat ini musik blues mulai masuk dalam hit-hit Nasional, bersamaan waktunya dimana T-Bone Walker di Houston dan B.B. King (yang pada akhirnya di juluki Raja Blues) di Memphis memperkasai bentuk permainan gitar yang mengkombinasikan tehknik musik Jazz dengan gaya suara dan lagu-lagu Blues.

Awal tahun 1960, penganut blues diperkotaan ‘ditemukan’ oleh pemuda kulit putih Amerika ataupun musisi-musisi Eropa antara lain band-band blues seperti Paul Butterfield Blues band, The Roling Stone, The Yardbirds, John Mayal and Bluesbreakers, Cream, Canned Heat dan Fleet Wood Mac membawa musik blues kehadapan penononton remaja kulit putih pada saat konser musik diberbagai kota, antusiame dan animo penonton sangatlah dapat dibanggakan. Para remaja selalu menginginkan disetiap konser-konser band terkenal mereka selalu meminta lagu-lagu blues yang ditampilkan/dinyanyikan, peristiwa ini pada waktu sebelumnya adalah sangat sulit untuk dilakukan, karena mereka menyebrang pada musik kulit putih untuk melindungi ritme musik kulit hitam dan blues.
     
Pada saat musik blues seakan memburu jati diri untuk mentasbihkan menjadi musik yang diterima disemua kalangan ataupun menjalar untuk melebur menjadi embrio jenis aliran musik lain, pada kejadian lain sejak tahun 1960-an musik Rock juga telah melalui beberapa langkah-langkah kebangkitan dari musik blues. Beberapa gitaris musik rock seperti Eric Clapton, Jimmy Page, Jimmi Hendrix ataupun Edi Van Halen telah menggunakan musik blues sebagai dasar modifikasi dari musik mereka bahkan ada sebagian beberapa lagu mereka dari awal sampai akhir lagu berwarna atau bernuansa blues murni. Sementara itu para penganut keaslian musik blues seperti John Lee Hooker, Albert Collins dan B.B. King serta ahli waris mereka yaitu Buddy Guy, Otish Rush, Eric Clapton dan yang terakhir Roy Buchanon, semuanya melanjutkan untuk menciptakan musik FANTASTIC dalam tradisi musik blues. Sedangkan generasi paling baru dari pemain musik blues diantaranya seperti Robert Cray dan Stevie Ray Vaughan, melanjutkan tradisi keanggunan musik blues dengan teknik bermain gitar yang amat mengganggu bahkan tidak menarik minat pendengar dari generasi baru untuk musik blues. Salam sejahtera,theblueses.blogspot.com

Sejarah dan tokoh blues
Jember 16 mei 2013
http://theblueses.blogspot.com/

1 komentar:

  1. YUK JOIN DAN MAINKAN POKER DAN DOMINO ONLINE BERSAMA ZOYA99.COM
    DAPATKAN EXTRA BONUS SELAMA BERMAIN DISINI
    * BONUS ROLINGAN
    * BONUS REFERALL
    DAN RASAKAN PELAYANAN CS YANG SANGAT BERPENGALAMAN HANYA DISINI
    UNTUK INFO LEBIH JELAS, SILAHKAN HUBUNGIN CS KAMI ONLINE 24JAM!!
    • Pin BBM D8B82A86
    •Pin BBM 2BE5BC31
    •Line : zoya_qq
    •WA : +85515370075accc

    BalasHapus